Cara #MenanakNasiFC ala saya

Dibanding beras merah, saya sendiri lebih suka dengan beras coklat karena lebih mudah untuk dimakan dan rasanya lebih enak.

Ada bermacam-macam beras coklat dan merah. Sebisa mungkin, lebih baik untuk mengorek kocek sedikit untuk membeli yang organik.


Selain organik, perhatikan juga apakah beras tersebut sudah disosoh atau belum. Saya pribadi memilih yang belum disosoh dan pecah kulit.


Untuk memasak beras yang pecah kulit, jumlah air yang digunakan cukup banyak. Saya pribadi menyukai perbandingan (1 : 3 1/4)


Setelah ditambahkan air, beras direndam dahulu didalam air selama 1/2 - 2 jam. Agar lebih mudah dimakan, saya menambahkan sedikit garam laut.


Dalam membilas, cukup 1 - 2x saja tidak perlu terlalu banyak. Boleh juga ditambahkan daun pandan dalam memasak agar lebih harum.


Untuk campuran dari nasi, saya memakai Barley, Azuki Bean, Mung Bean, Lentil (Multigrain) dari clubsehat.com.


Takaran untuk paduan biji-bijian dan beras sebenarnya bebas. Tapi, jika melihat kandungan gizinya, saya menyarankan (1 cup nasi :1/4 bijian).


Berdasarkan saran dari pemilik clubsehat.com, sebelum digunakan, biji-bijian tersebut sebaiknya direndam semalaman.


Perbandingan air untuk memasak biji-bijiannya adalah 1 :3. Jika sudah siap, campurkan seluruh biji-bijian serta beras kedalam rice cooker.


Kemudian hanya tinggal menunggu nasi matang dan siap dikonsumsi. Cara masak saya mengacu kepada salah satu buku dari dr. Hiromi Shinya.


Semoga twit ini berguna untuk orang-orang yang mau mencoba memasak nasi ala Hiromi Shinya yang saya coba eksperimenkan juga. #MenanakNasiFC


@dino_sugirun

Comments

  1. Terimakasih Artikel Cara #MenanakNasiFC ala saya nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Post

6 ciri-ciri pertobatan yang sejati

My Experience - Food Combining VS Autoimmune

Food Combining Changed My Life